Murottal Al-Quran

Jumat, 06 November 2009

Semangat Tolabul Ilm


Assalamualaikum warahmatullohi wabarokatuh...

untuk menjaga hidup ini selalu dalam bimbingan Allah, maka kita harus semangat untuk tolabul ilmi. karena banyak sekali faedah yang didapatkan dari kita menuntut ilmu agama, dari di mudahkannya kita menuju jannah sampai kita di doakan oleh malaikat.

Barangsiapa meniti suatu jalan untuk mencari ilmu maka Allah SWT memudahkan jalan baginya ke syurga (HR. Muslim)

begitu besarnya manfaat dan keutamaan mencari ilmu sampai-sampai Allah SWT memberikan jaminan kemudahan menuju JannahNYA,

Sudah saatnya untuk meniatkan setiap langkah kaki kita untuk mencari ilmu dan setiap yang dilakukan demi kemaslahatan agama insyaallah bernilai ibadah.

Imam an-Nawawi dalam kitabnya Riyadhush Shalihin, pada pembahasan “Keutamaan Ilmu” mencantumkan hadits ini sebagai hadits yang pertama.

Imam an-Nawawi berkata: “Hadits ini menunjukkan keutamaan ilmu (agama) dan keutamaan mempelajarinya, serta anjuran untuk menuntut ilmu.

Ilmu yang disebutkan keutamaannya dan dipuji oleh Allah Ta’ala dan Rasul-Nya adalah ilmu agama. Salah satu ciri utama orang yang akan mendapatkan taufik dan kebaikan dari Allah Ta’ala adalah dengan orang tersebut berusaha mempelajari dan memahami petunjuk Allah Ta’ala dan Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam agama Islam. Orang yang tidak memiliki keinginan untuk mempelajari ilmu agama akan terhalangi untuk mendapatkan kebaikan dari Allah Ta’ala.

Bisa kebayang kalau hidup kita ini kosong tanpa ilmu layaknya sebuah laptop yang mahal namun tidak ada program dan softwarenya,.. kita diciptakan oleh Allah SWT untuk beribadah kepadaNYA, ibadah akan diterima tentunya jika dilakukan berdasarkan ilmu..

Belajar ilmu agama adalah wajib bagi laki-laki, perempuan, kecil besar, tua, muda...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar