Murottal Al-Quran

Rabu, 11 November 2009

Hak-hak Sesama Orang Muslim

Inilah di antara hak-hak sesama orang Muslim:

l. Mengucapkan salam kepadanya saat bertemu, memenuhi un¬dangannya, menjawab bersinnya, menjenguknya jika sakit, menghadiri jenazahnya saat meninggal dunia, memberikan bagiannya, memberinya nasihat jika dia meminta nasihat, menjaga dirinya saat dia berjauhan, mencintai bagi dirinya apa yang kita cintai bagi anda, membenci bagi dirinya apa yang kita benci bagi diri kita.

2. Tidak boleh menyakiti seorang Muslim, dengan perkataan atau perbuatan, bertawadhu' kepada sesama orang Muslim, tidak menyombongkan diri di hadapannya, tidak menggunjing orang lain di hadapan¬nya dan tidak mendengarkan gunjingannya.

3. Jangan menghindarinya lebih dari tiga hari, yang didasarkan kepada hadits yang cukup masyhur. Dalam hadits lain disebutkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, dari Nabi Shallallaltu Alaihi wa Sallam, beliau bersabda,


"Tidak diperbolehkan bagi orang Mukmin untuk menghindari orang Mukmin lainnya lebih dari tiga hari. Jika sudah lebih dari tiga hari lalu dia bertemu dengannya, maka hendaklah dia mengucapkan salam kepadanya. Jika dia menjawab salamnya, maka keduanya bersekutu dalam pahala. Jika dia tidak menjawab salamnya, maka yang mengucapkan salam sudah terbebas dari dosa menghindarinya. " (Diriwayatkan Al-Bukhary dan Abu Daud).

Namun penghindaran ini hanya berlaku untuk hal-hal yang berkaitan dengan keduniaan. Tapi jika dalam kebenaran agama, maka menghindari ahli bid'ah dan para pelaku kedurhakaan berlaku untuk selama-lamanya selagi mereka belum bertaubat dan tidak kembali kepada kebenaran.

4. Berbuat baik kepada siapa pun orang Muslim menurut kesanggupan¬nya, tidak memasuki tempat tinggalnya kecuali setelah perkenannya dan meminta izin tiga kali sebelum masuk. Jika tidak ada jawaban, maka dia harus kembali.

5. Memperlakukan orang lain dengan akhlak yang baik dengan cara-cara tersendiri. Jika bertemu orang bodoh, maka dia perlu diberi ilmu. Jika bertemu orang yang suka bercanda, dia harus diberi pengertian. Jika bertemu orang yang lamban daya pikirnya, maka dia diberi penjelasan.

6. Menghormati orang tua, menyayangi anak kecil, menghadapi siapa pun dengan wajah yang berseri, memenuhi janji, tidak mendatangkan kepadanya kecuali apa yang seperti dia sukai.

Al-Hasan berkata, "Allah mewahyukan empat kalimat kepada Adam seraya befirman, Ti dalam empat kalimat itu terdapat keterpaduan urusan bagi-Ku dan bagi anakmu; satu bagi-Ku dan satu lagi bagimu, satu antara Aku dan antara dirimu, dan satu lagi antara dirimu dan makhluk. Yang menjadi milik-Ku: Hendaklah kamu menyembah-Ku dan tidak menyekutukan sesuatu pun dengan-Ku. Yang menjadi milikmu: Amalmu akan kuberi balasan lebih banyak dari apa yang kamu butuhkan. Yang antara Aku dan kamu: Hendaklah kamu berdoa dan Aku pasti mengabulkannya. Yang antara dirimu dan makhluk: Hendaklah kamu memperlakukan mereka dengan sesuatu yang kamu sukai, seperti yang mereka sukai terhadap dirimu'.

Bersambung..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar